Proses pembelajaran di sekolah saat ini lebih terfokus pada guru yangmenyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnyapemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar menjadirendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatifModel Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Problem Posing menggunakan desainpembelajaran ASSURE terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB A SMK Negeri 4 Sukoharjo yangberjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri daritahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yangdigunakan terdiri dari penilaian kognitif, psikomotor dan afektif. Uji validitas data padapenelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatanProblem Posing menggunakan desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasibelajar siswa kelas X DPIB A SMKN 4 Sukoharjo. Pencapaian ketuntasan hasil belajarsiswa menunjukkan persentase ketuntasan ranah kognitif awalnya 16,67% menjadi 46,67%pada siklus I dan 70% pada siklus II; ranah psikomotor awalnya 26,67% menjadi 46,67%pada siklus I dan 73,33% pada siklus II; ranah afektif awalnya 23,33% menjadi 43,33%pada siklus I dan 70% pada siklus II.
Copyrights © 2019