Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 5, No 1 (2019): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB A SMKN 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Safitri, Marlina Dwi (Unknown)
Roemintoyo, Roemintoyo (Unknown)
agustin, rima sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah saat ini lebih terfokus pada guru yangmenyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnyapemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar menjadirendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatifModel Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Problem Posing menggunakan desainpembelajaran ASSURE terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB A SMK Negeri 4 Sukoharjo yangberjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri daritahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yangdigunakan terdiri dari penilaian kognitif, psikomotor dan afektif. Uji validitas data padapenelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatanProblem Posing menggunakan desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasibelajar siswa kelas X DPIB A SMKN 4 Sukoharjo. Pencapaian ketuntasan hasil belajarsiswa menunjukkan persentase ketuntasan ranah kognitif awalnya 16,67% menjadi 46,67%pada siklus I dan 70% pada siklus II; ranah psikomotor awalnya 26,67% menjadi 46,67%pada siklus I dan 73,33% pada siklus II; ranah afektif awalnya 23,33% menjadi 43,33%pada siklus I dan 70% pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...