JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 3, No 2 (2019)

TINJAUAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA TEKNIK DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR

CHICHI RAHAYU (Universitas Ekasakti Padang)
ELIYARTI ELIYARTI (Universitas Ekasakti Padang)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2019

Abstract

Motivasi yang kuat dibutuhkan pada diri mahasiswa  agar dapat mengikuti perkuliahan dengan optimal terutama perkuliahan Kimia Dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi mahasiswa teknik dalam perkuliahan kimia dasar. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen data menggunakan lembar pengamatan, kuisioner, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran motivasi berprestasi mahasiswa teknik dalam mata kuliah Kimia Dasar bahwa mahasiswa memiliki berbagai alasan yang memotivasi mereka dalam memilih posisi tempat duduk, yang kemudian memiliki implikasi dengan hasil belajar mereka. Mahasiswa menetapkan target nilai yang cukup tinggi nilai A sebanyak 52,94%,dan target nilai B 41,18%. Persentase mahasiswa yang selaras antara target dan keyakinan diri adalah 76,47%, Namun, persentase mahasiswa yang selaras antara target dan keyakinan diri serta nilai UAS yang diperoleh hanya 41,2 %. Diharapkan mahasiswa dalam memilih posisi duduk untuk memberikan kenyamanan berinteraksi dengan dosen bukan menghindari kontak dengan dosen, serta dalam penetapan target harus diikuti dengan keyakinan yang kuat dan usaha keras untuk mencapai target tersebut

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...