Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X-4 SMA Negeri 15 Konawe Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooparatif tipe teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok litosfer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tundakan kelas (PTK) subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 15 Konawe Selatan yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 28 orang siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa; 1) aktivitas belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 15 Konawe Selatan yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siklus I skor rata-rata 2,56 yang berkategori cukup, meningkatan pada siklus II sebesar 3,37 dengan kategori baik; 2) Aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata aktivitas mengajar guru sebesar 2,6 yang berkategori cukup dan menigkatan pada  siklus II menjadi sebesar 3,6 yang berkategori baik, 3) terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatanya 14% yang diperoleh dari selisih antara persentase ketuntasan siklus II ke siklus I,  dimana padaa siklus I rata-rata 67,14 dengan persentase ketuntasan 68% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,71 dengan persentase ketuntasan 82%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018