Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 WATOPUTEPADA MATERI POKOK HIDROSFER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)

Risaldi, Dedi (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar Geografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Watopute yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write,2) untuk mendeskripsikan hasil belajar Geografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Watopute yang diajar dengan menggunakan mogel pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write,3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Watopute yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada materi pokok hidrosfer pada setiap siklusnya ditunjukan dengan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,8 yang termasuk dalam kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,4 yang termasuk dalam kategori baik,2) aktivitas mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada materi pokok hidrosfer, ditunjukan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana siklus I skor rata-rata aktivitas mengajar guru adalah 2,3 dan meningkat pada siklus II sebesar 3,3,3) ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 29 siswa hanya 19 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 79,69. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 93% dengan nilai rata-rata yaitu 85,14.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...