JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK MATEMATIKA SISWA SMP

Lily Rohanita Hasibuan (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu)
Rohani . (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pembelajaran problem posing berkelompok, 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 3) menganalisis guna menentukan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir abstrak lebih tinggi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan postestest only control group design., penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran problem posing berkelompok dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupatan Labuhanbatu yang terdiri dari Sembilan kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 288 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran problem posing berkelompok berada pada kategori sedang skor rata-rata 39,22, (2) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang skor rata-rata 28,59, (3) kemampuan berpikir abstrak peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan dengan pembelajaran problem posing berkelompok lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...