JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Hestu Tansil La`ia (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nias Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode korelasional.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar dengan teknik analisis data menggunakan uji liliefors, uji linearitas regresi, korelasi product momen.Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar dan berada pada kategori sangat kuat.Dalam mencapai hasil belajar yang maksimal motivasi berprestasi mempunyai sumbangan efektif pada hasil belajar maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi merupakan faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...