Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 4, No 2 (2019): Bioedusiana

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PRAKTIK “ANGGIT ANGGALANG” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 2 KOTA TASIKMALAYA

Rahmi, Iis Suminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya pada mata pelajaran Biologi melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan praktik ?Anggit Angglang?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing dilakukan dalam siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun 2018 pada mata pelajaran Biologi. Jumlah siswa dalam penelitian ini sebanyak 36 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari 61,11 pada pertemuan 1 Siklus I menjadi 66,94  pada pertemuan 2 Siklus I. Kemudian, skor rata-rata hasil belajar 75,69 pada pertemuan 1 Siklus II menjadi 81,11 pada pertemuan 2 siklus  II. Sementara itu, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada pertemuan 1 siklus I ke pertemuan 2 siklus I yang masing-masing 15% dan 40%. Kemudian, pada pertemuan I siklus II, persentase ketuntasan belajar berada pada posisi 65% dan mengalami peningkatan menjadi 82,50% pada pertemuan 2 siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, maka skor hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan praktik ?Anggit Angglang? dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya pada mata pelajaran Biologi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...