Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam belajarnya dengan penerapan model pembelajaran berdasar masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan siswa menjadi 3 kelompok, yaitu kategori nilai matematika tinggi, sedang dan rendah. Data nilai diperoleh dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari guru bidang matematika siswa. Kemudian dipilih secara acak satu siswa dari masing-masing kelompok yang akan menyelesaikan tes soal dan wawancara oleh peneliti. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan data dari hasil tes soal dan wawancara siswa. Terdapat empat indikator berpikir kreatif, yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan kemampuan mengelaborasi. Siswa dengan kategori matematika tinggi mencapai 4 indikator yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan kemampuan mengelaborasi. Siswa dengan kategori matematika sedang memenuhi tiga indikator berpikir kreatif, yaitu berpikir lancar, berpikir luwes dan berpikir orisinil. Sedangkan siswa dengan kategori matematika rendah memenuhi satu indikator berpikir kreatif, yaitu berpikir lancar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016