JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi)
Vol 4, No 2 (2019): November 2019

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education

Nuril Hidayati (Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,)
Farizha Irmawati (Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,)
Trio Ageng Prayitno (Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Rendahnya pemanfaatan multimedia berbasis model pembelajaran STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran anatomi fisiologi manusia di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui multimedia-STEM education. Metode penelian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah transkrip wawancara, lembar observasi, dan test. Teknik analisis data penelitian dengan menggunakan kriteria ketuntasan klasikal dan gain score (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dapat meningkat melalui multimedia-STEM education dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,48% (P>85%) dan N-gain sebesar 0,501 pada kriteria sedang. Keterampilan berpikir kritis dapat meningkat karena langkah-langkah model pembelajaran STEM yang terintegrasi dalam multimedia dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulan penelitian bahwa keterampilan berpikir kritis dapat meningkat melalui multimedia-STEM education.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBIO

Publisher

Subject

Education

Description

JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan biologi, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun ...