Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 2, No 2 (2019): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN KOTA BANJARBARU

Lusiyana Lusiyana (Universitas Islam Kalimantan MAB)
Antoni Pardede (Universitas Islam Kalimantan MAB)
Herlina Apriani (Universitas Islam Kalimantan MAB)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektfan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Kota Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa kelas X MIA MAN Kota Banjarbaru. Pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest yang masing-masing berjumlah 20 butir. Data dari hasil tes yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0.05. Pengujian dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa diterapkannya model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi tata nama senyawa sangat efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Kota Banjarbaru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...