Tantangan untuk mempersiapkan operator pembangkit listrik dengan cepat, tepat dan efektif dihadapi oleh PT XYZ Services untuk dapat terus tumbuh, berkembang dan berkontribusi dalam Program Penyediaan Tenaga Listrik 35.000 MW sehingga diperlukan model pelatihan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui model pelatihan yang lebih tepat untuk digunakan dalam penyiapan operator pembangkit listrik yang kompeten dalam waktu yang lebih singkat antara model pembelajaran Experiental Learning dan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui dampak model pembelajaran Experiental Learning terhadap peningkatan kompetensi operator pembangkit listrik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh temuan antara lain sebagai berikut : 1) terdapat perbedaan pada semua aspek kompetensi antara Operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; 2) tidak terdapat perbedaan pada aspek Understanding Equipment & Work Procedure antara operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; 3) terdapat perbedaan pada aspek Problem Solving Ability antara operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan 4 ) model pembelajaran Experiental Learning memberikan dampak pada peningkatan kompetensi Operator pembangkit listrik khususnya pada aspek Problem Solving Ability.
Copyrights © 2019