Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
Vol 6, No 2 (2017)

Pengembangan Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling” Berbasis Android

Wiguna, I Wayan Putu Adi (Unknown)
Arthana, I Ketut Resika (Unknown)
Putrama, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan di Bali dengan membantu masyarakat khususnya kalangan remaja untuk dapat mengetahui satua Bali Pan Cubling dengan bantuan media teknologi dengan cara mengajak remaja bermain Game Edukasi Satua Bali ?Pan Cubling" berbasis android dengan objek 2D. Game Edukasi Satua Bali ?Pan Cubling? Berbasis Android memiliki 4 stage game dan setiap stage terdapat 4 level permainan. Stage 1 pemain berusaha mempertahankan pisang dari serbuan kera, Stage 2 pemain mengusir kera agar tidak masuk ke dalam rumah, Stage 3 menggali tanah sebagai kuburan Pan Cubling, dan Stage 4 merangkai puzzle yang digunakan untuk menutupi lubang kuburan. Metode yang digunakan adalah proses System Development Life Cycle dalam bentuk sekuensial linier atau model air terjun (waterfall). Hasil akhir dari project penelitian ini berupa aplikasi game yang berisikan aksi dan cerita yang dapat diinstal pada smartphone android. Game ini sebagai media bermain sekaligus media belajar mengenal satua Bali Pan Cubling.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

janapati

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas ...