Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2017): Juni 2017

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DIDAERAHNYA

Lilis Sunarsih (Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Supardi Supardi (Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran mind mapping dan hasil belajar pada kompetensi dasar permasalahan sosial di daerahnya. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata penerapan model pembelajaran mind mapping pada aktivitas pembelajaran guru memperoleh skor 2,5 pada siklus I dan 3,61 pada siklus II; dan aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 2,5 pada siklus I dan 3, 09 pada siklus II. Hasil bela jar siswa menggunakan model pembelajaran mind mapping siklus I nilai rata-rata mencapai 65,83 dengan persentase ketuntasan 56,66%, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 74,66 dengan persentase ketuntasan 90%, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dibandingkan siklus II sebesar 8, 83 dengan persentase 33,34% Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...