QUANTA
Vol 3, No 2 (2019): VOLUME 3 NUMBER 2, MAY 2019

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA

Maya Masyita Suherman (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk meningkatkan kemampuan komunikasiSiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer groupmampu meningkatkan kemampuan komunikasisiswakelas XI IPS di SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif  dengan model Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Subyek penelitian ini adalah 18 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan instrumenobservasi dan angket.Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon.dilaksanakan melalui lima tahap yaitu tahap awal (peer group), tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik  peer group mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

quanta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Quanta focus is a medium for dissemination of research results based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and Counseling in Education. The Scope of Quanta publishes research articles in based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and ...