Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 1) kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berkelompok, 2) kurangnya penggunaan model yang bervariasi dalam pembelajaran sejarah, 3) kurangnya minat siswa kepada pembelajaran sejarah yang bersifat hafalan sehingga belum mampu mendorong kemampuan kerjasama siswa, 4) kurangnya kemampuan empat c pada pembelajaran sejarah terutama collaboration/kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan collaboration dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournamnet di Kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus akan diadakan sebanyak dua kali pertemuan yang artinya keseluruhan siklus akan berlangsung sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI IPA 9 di SMAN 1 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase dengan rumus P=(F/N)X 100. Hasil dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe Teams Games Tournament mampu meningkatkan kemampuan collaboration siswa dengan peningkatan, yaitu dari observasi awal hanya 48,57% menjadi 64,60% pada siklus I meningkat menjadi 84.80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis penelitian ini telah berhasil dibuktikan.
Copyrights © 2019