CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol 3, No 1 (2020): Volume 3 Nomor 1, Januari 2020

PERMAINAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI 47

rusniawati, wiwin (Unknown)
rosmiati, ikah (Unknown)
santana, fifiet dwi tresna (Unknown)
windarsih, chandra asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1). kondisi  objektif  gerak dan lagu anak-anak sebelum mengikuti proses pembelajaran gerak dan lagu. 2). proses penerapan pembelajaran gerak dan lagu  untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak. 3). Kecerdasan  anak  setelah diterapkan gerak dan lagu tersebut. 4). Mengetahui berbagai faktor pendorong dan penghambat penggunaan gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dalam penulisan diungkapkan : 1). Kondisi awal meningkatkan kecedasan emosi anak oleh guru relatif masih konvensional, hanya dilakukan dengan olah raga dan permainan yang ada. 2). penerapan gerak dan lagu ditempuh melalui tahap-tahap pelaksanaan seperti tahap-tahapan menyusun RPPH pelaksanaan yang terpecah 3 tahap : Inti kegiatan, kegiatan akhir, refleksi kegiatan. 3) Kecerdasan emosi anak pada umumnya terutama bila mulai menggerakkan badan dan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan lentur diperlukan latihan, konsentrasi, berfikir kreatif walaupun masih ditemukan sebagian kecil anak yang menunjukkan kadar partisipasi gerak dan lagu. 4). Masih ditemukan kesulitan pada faktor pendorong dan pendukung yakni penataan ruangan yang tidak efektif, cara guru di dalam kegiatan kurang menarik sehingga anak kurang berminat dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, kegiatan pembelajaran dengan  penerapan  gerak dan lagu  sangat  berdampak  terhadap  peningkatkan  kecerdasan emosi anak. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...