Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Islamic Educational Management

IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI LPTQ KABUPATEN SIAK

Iwan Agus Supriono (Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Syarim Hasyim Siak Sri Indrapura)
Atik Rusdiani (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah proses menghafal Al-Quran di LPTQ Kabupaten Siak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses menghafal Al-Quran di LPTQ Kabupaten Siak, menggunakan sistem One Day One Ayah (1 hari 1 ayat) yang disertai lagu tartil. Proses menghafal Al-Quran selalu diiringi niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, mempunyai tekad yang besar dan kuat, dan istiqamah sampai lancar membaca Al-Quran. Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Quran adalah dengan muraja’ah ‘setoran hafalan baru’ kepada guru (ustadz/ustadzah), dan muraja’ah hafalan lama yang disemakkan teman dengan berhadapan dua orang dua orang, muraja’ah hafalan lama kepada ustadz/ustadzah, dan Al-Imtihan Fii Muraja’atil Muhafadlah (ujian mengulang hafalan).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...