Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MADRASAH ALIYAH

Moh. Khasairi dkk (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak: Sejak tahun 2013 pemerintah mencanangkan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran samua mata pelajaran (termasuk Bahasa Arab) di semua tingkatan pendidikan (SD, SMP, dan SMA). Sejumlah pihak baik yang secara langsung terkait dengan pembelajaran bahasa Arab maupun para simpatisannya tidak setuju dengan penerapan pendekatan saintik dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam mengajar  bahasa Arab dengan pendekatan saintifik dan alternatif-alternatif pemecahannya. Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif dengan menjadikan guru-guru bahasa Arab madrasah Aliyah se Malang Raya sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden menghadapi masalah dalam menerapkan pendekatan saintifik pada penyusunan RPP, dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran, dan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Masalah-masalah tersebut disebabkan oleh belum difahaminya pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab oleh para guru bahasa Arab.Kata Kunci: problematika guru, pembelajaran bahasa Arab, pendekatan saintifik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...