Jurnal el-hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan)
Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal el-Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan)

PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI

Suryandari, Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Pada hakikatnya sumber belajar merupakan segala sesuatu baik berupa pesan, benda, data, fakta, ide, orang, alat, teknik, lingkungan dan lain sebagainya yang dimanfaatkan serta diciptakan oleh guru secara sengaja untuk bisa menimbulkan proses belajar siswa secara individu dan memberikan ruang yang lebih luas bagi siswa untuk berinteraksi dengan berbagai sumber belajar yang ada itulah yang disebut dengan sumber belajar. Pembelajaran tematik merupakansuatu model pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran yang saling terkait sehingga lebih bermakna yang menekankan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran dengan harapan siswa mampu memperoleh ilmu pengetahuan secara utuh. Untuk penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran tematik khususnya tingkat SD/MI lebih memperhatikan aspek tujuan, karakteristik siswa, kelebihan, keterbatasan, keefektifan serta pembiayaan dari pihak sekolah maupun siswa sehingga dalam pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.Kata kunci: Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

el

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

El-Hamra adalah sebuah jurnal pendidikan dan kemasyarakatan untuk para pendidik, mahasiswa, dan peneliti, yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya baik berupa artikel,terjemahan, review, atau hasil penelitian. ...