JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 2 No. 1 (2017)

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Muhibbudin Muhibbudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

AbstrakStudi ini mengkaji tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guruSD Negeri di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, difokuskan pada tugas kepalasekolah sebagai leader, inovator, dan motivator. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studidokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitianmenemukan: (1) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai leader, bahwa upaya kepalasekolah meliputi: pemberdayaan dan pembinaan melalui kegiatan diskusi, workshop, KKG,supervisi, dan Evaluasi Diri Guru (EDG), dengan menunjukkan sikap keteladanan,keterbukaan, kedisiplinan, dan komunikatif di antara kepala sekolah dengan semua wargasekolah. (2) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai inovator, bahwa upaya yang dilakukanoleh kepala sekolah adalah melakukan perumusan program-program yang sesuai dengansituasi dan tuntutan sekolah, seperti mengembangkan program sekolah sehat, bersih, indah,dan menyenangkan, serta menyusun program pembinaan melalui kegiatan pertemuan antarguru mata pelajaran pada setiap gugus. (3) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagaimotivator, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah memelihara semangat kerjaguru dengan mendorong untuk melakukan studi lanjut, memberikan reward danpunishment. Reward diberikan kepada guru yang dianggap memiliki prestasi dalam bentukhadiah dan pujian. Sementara punishment diberikan kepada guru yang dianggap melanggaraturan dan tata tertib di sekolah serta tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.Kata-kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.Abstract: This study examines the efforts of principals in improving the professionalism ofteachers Elementary School in District Lingsar West Lombok regency, focused on the task ofthe principal as a leader, innovator and motivator. This study used a qualitative approach.Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Theinformants are principals and teachers. The study found: (1) In terms of duty of the principalas leader, that efforts principals include: empowerment and guidance through discussions,workshops, KKG, supervision and Self-Evaluation of Teachers (EDG), by showing the attitudeexemplary, openness, discipline, and communicative among principals with all the citizens ofthe school. (2) In terms of duty of the principal as an innovator, that the efforts made by theprincipal is the formulation of programs according to the situation and the demands ofschool, such as developing the school program healthy, clean, beautiful, and fun, as well ascomposing coaching program through meetings between teachers of subjects in each group.(3) In terms of the principal duties as a motivator, the efforts made by the head of the schoolis to maintain morale by encouraging teachers to conduct further studies, reward andpunishment. Reward given to teachers who are considered to have achievements in theform of gifts and compliments. While the punishment given to teachers deemed in violationof rules and regulations in school and not able to function properly.Keywords: Efforts Principal, Teacher Professionalism

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...