JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2017)

PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 3 MATARAM

Masturi Masturi (Unknown)
Agus Ramdani (Unknown)
Muntari Muntari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

ABSTRAKSPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TQM dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram.Jumlah populasi penelitian 171 orang guru.Sampel ditentukan berdasarkan metode Solven sebanyak 63 orang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah kuantitatif dengan angket sebagai instrumennya. Analisis data yang digunakan adalah regresisederhana dan berganda dengan uji F.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara TQM terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara TQM dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram.Kata Kunci: TQM, Budaya Organisasi, Kinerja Guru INFLUENCE OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) AND CULTURE ORGANIZATIONAL ON TEACHER PERFORMANCE OF SMK NEGERI 3 MATARAMABSTRACTThis research aims to determine the influence of TQM and culture organizational on teacher performance of SMK Negeri 3 Mataram. The research population is 171 teachers. Samples are determined based on Solven method of 63 people. The approach used in this research is quantitative with the questionnaire as the instrument. Data analysis used is simple and multiple regression with F test. Based on research result and discussion can be concluded things as follows: (1) There is significant influence between TQM on teacher performance of SMK Negeri 3 Mataram, (2) There is significant influence between organizational culture on teacher performance of SMK Negeri 3 Mataram, and (3) There is significant influence between TQM and culture organizational together on teacher performance SMK Negeri 3 Mataram.Keywords: TQM, Culture Organizational,Teachers PerformanceABSTRAKSPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TQM dan budaya organisasi terhadap kinerjaguru SMK Negeri 3 Mataram.Jumlah populasi penelitian 171 orang guru.Sampel ditentukanberdasarkan metode Solven sebanyak 63 orang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah kuantitatif dengan angket sebagai instrumennya. Analisis data yang digunakan adalah regresisederhana dan berganda dengan uji F.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapatdisimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara TQM terhadapkinerja guru SMK Negeri 3 Mataram, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasiterhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara TQMdan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Mataram.Kata Kunci: TQM, Budaya Organisasi, Kinerja GuruINFLUENCE OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) AND CULTUREORGANIZATIONAL ON TEACHER PERFORMANCE OF SMK NEGERI 3 MATARAMABSTRACTThis research aims to determine the influence of TQM and culture organizational on teacherperformance of SMK Negeri 3 Mataram. The research population is 171 teachers. Samples aredetermined based on Solven method of 63 people. The approach used in this research is quantitativewith the questionnaire as the instrument. Data analysis used is simple and multiple regression withF test. Based on research result and discussion can be concluded things as follows: (1) There issignificant influence between TQM on teacher performance of SMK Negeri 3 Mataram, (2) Thereis significant influence between organizational culture on teacher performance of SMK Negeri 3Mataram, and (3) There is significant influence between TQM and culture organizational togetheron teacher performance SMK Negeri 3 Mataram.Keywords: TQM, Culture Organizational,Teachers Performance

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...