Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus (case study). Data primer diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan perwakilan siswa. Data sekunder bersumber dari dokumen-dokumen resmi yang ada berupa catatan, gambar, foto serta bahan lain yang dapat mendukung penelitian ini. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berstruktur (Indept Interview), observasi berperan serta, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi empat teknik yaitu kredibilitas (credibility), transferabilitas (transferability), dependabilitas (dependability), dan konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan manajemen pendidikan di SMP Negeri 1 Praya, sekolah melakukan koordinasi mengenai perilaku siswa. Guru SMP Negeri 1 Praya juga dituntut untuk mengembangkan sikap profesionalisme dalam mengajar dan mengembangkan bahan ajar seperti silabus dan RPP yang dapat memberikan dampak positif terhadap manajemen pendidikan karakter siswa. Kepala sekolah di SMP Negeri 1 Praya juga mengambil peran dan sikap secara professional dalam menentukan hasil evaluasi kegiatan siswa di sekolah.Kata Kunci: Manajemen; Pendidikan Karakter; Sekolah Menengah Pertama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020