Attadib: Journal of Elementary Education
Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 2 No. 1 Juni 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS

Amdriyani Andriyani (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Hidayah Baisa (universitas Ibn Khaldun Bogor)
kholil Nawawi (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division  terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran IPS di SDIT Al-Madinah Cibinong, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD  terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran IPS di SDIT Al-Madinah Cibinong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, pada penelitian ini pemilihan sampel pada quasi experimental tipe Non Equivalent Control Group Design tidak dilakukan pemilihan sampel secara random melainkan dipilih dengan sengaja oleh peneliti yaitu dengan masing-masing sampel kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara signifikan hasil belajar IPS siswa kelas III antara kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran STAD dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 sedangkan taraf signifikan 1% sebesar 2,68 dan t hasil 9,144 maka dapat ditulis 2,01< 9,144 >2,68.Jadi penerapan model pembelajaran STAD dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikatakan efektif dan terdapat perubahan atau peningkatan yang signifikan. Model pembelajaran Student Team Achievement Division ini bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...