Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 45 (2017): Jurnal Surya Bahtera

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA LAGU DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arini Rahayu Suprapto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Khabib Sholeh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nurul Setyorini (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu, (2) motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu, (3) peningkatan hasil belajar keterampilan menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Gombong tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa.. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi, sedangkan teknik nontes yang digunakan dalam pengambilan data berupa wawancara, pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto.Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Gombong, yakni memutar lagu, mengidentifikasi keindahan alam yang ada dalam lagu, memilih diksi, menulis puisi, dan menyampaikan simpulan. Pengaruh pembelajaran menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi mampu memperbaiki motivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil observasi prasiklus, siswa masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 27,41%, pada siklus I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 66,66%, dan pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 96,66%. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada prasiklus, kemampuan menulis puisi peserta didik memperoleh skor rata-rata 60,74, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,07, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 78,83.   Kata kunci : menulis, puisi, dan metode sugesti imajinasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...