ABSTRAK: Penelitian ini ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata mencakup lima aspek, yaitu: tema, tokoh penokohan, alur, latar, dan sudut pandang, (2) wujud nilai pendidikan karakter novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata mencakup tiga aspek yaitu: (a) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: pantang menyerah, tegar, tulus, tegas, disiplin, percaya diri, rendah hati dan peduli, (b) hubungan manusia dengan manusia lainnya meliputi: penyayang, setia kawan, tolong menolong, ikhlas, tegas, menghargai, dan perhatian, (c) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: pasrah kepada Tuhan, mengaji, dan beriman, (3) skenario pembelajaran novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata disesuaikan dengan kompetensi dasar, yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik novel. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis (content analysis) yang dilaksanakan dengan tahap: (a) memberikan pemahaman cara menganalisis nilai pendidikan karakter, (b) membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan metode analisis (content analysis), (c) menyuruh peserta didik untuk membaca bagian dari novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan secara berkelompok menganalisis nilai pendidikan karakter sesuai dengan aspek-aspek yang telah ditentukan. Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Skenario Pembelajaran.
Copyrights © 2015