Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 12 (2014): Jurnal Surya Bahtera

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SOSIAL NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA

Sri Suyati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Kadaryati Kadaryati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Bagiya Bagiya (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud pendidikan karakter berbasis sosial novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral, (2) hubungan antara novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan karakter berbasis sosial, (3) skenario pembelajaran novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Wujud pendidikan karakter berbasis sosial novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral yaitu (a) berdoa, (b) taat, (c) bersyukur, (d) mandiri, (e) rasa ingin tahu, (f) (jujur), (g) disiplin, (h) pengabdian, (i) peduli lingkungan. (2) Hubungan antara novel Anak Sejuta Bintang sebagai bahan pembelajaran dan Pendidikan Karakter Berbasis Sosial meliputi (a) wujud pendidikan karakter berbasis sosial hubungan manusia dengan Tuhan terdapat 3 kategori dan diperoleh 18 data, (b) wujud pendidikan karakter berbasis sosial hubungan manusia dengan diri sendiri dikelompokkan menjadi 12 kategori dan diperoleh 72 data, (c) wujud pendidikan karakter berbasis sosial hubungan manusia dengan masyarakat dan bangsa dikelompokkan menjadi 5 kategori dan diperoleh 21 data, (d) wujud pendidikan karakter berbasis sosial hubungan manusia dengan sesama, alam sekitar, dan lingkungan sosial dikelompokkan menjadi 8 data dan diperoleh 41 data. (3) Skenario pembelajaran novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral pada siswa kelas XI SMA menggunakan pendekatan Jigsaw, yakni dengan pembelajaran Kompetensi dasar mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani tokoh. Pendekatan Jigsaw merupakan pendekatan kooperatif dengan gaya belajar efektif dan menyenangkan. Berikut ini langkah-langkah pembelajaran Jigsaw yakni (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, (c) kegiatan penutup. Dengan pendidikan karakter, siswa SMA termotivasi dalam berbagai bentuk pengajaran yang kooperatif, efektif, dan terarah dengan berbagai kegiatan seperti; penayangan film Anak Sejuta Bintang sebagai gambaran yang memperlihatkan pendidikan karakter berbasis sosial.Kata kunci: Pendidikan karakter berbasis sosial. Skenario pembelajaran

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...