EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2014): EKUIVALEN

EFEKTIVITAS METODE TIME TOKEN AND GAMES DENGAN MEDIA PAPAN BERPAKU DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR

Heru Kurniawan, EK Ajeng Rahmi Pinahayu, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2014

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku lebih baik daripada metode ekspositori; (2) prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada sedang atau rendah. Prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik daripada rendah; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar; Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Dengan , hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika kedua kelompok metode pembelajaran; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar.   Kata kunci: Time Token and Games, papan berpaku, aktivitas belajar

Copyrights © 2014