Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa Teknik Sepeda Motor lebih baik daripada Teknik Komputer Jaringan, untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan minat tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan minat sedang dan rendah. Untuk mengetahui ada interaksi antara Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan, dan minat belajar matematika terhadap prestasi. Penelitian menggunakan penelitian ex post facto. Instrumen yang digunakan tes prestasi dan angket minat belajar. Analisis variansi dua jalan dilakukan setelah prasyarat anava terpenuhi, diperoleh hasil: a). Fa = 6,341 dan Ftabel = 3,986, diperoleh Fa > Ftabel sehingga H0 ditolak sehingga disimpulkan prestasi belajar siswa TKJ lebih baik daripada TSM, b). Fb = 132,110 dan Ftabel = 3,135, diperoleh Fb > Ftabel sehingga H0 ditolak disimpulkan minat tinggi lebih baik daripada minat sedang dan rendah, c). Fab = 0,3948 dan Ftabel = 3,135, diperoleh Fab < Ftabel sehingga H0 diterima disimpulkan tidak ada interaksi antara Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan, dan minat belajar matematika terhadap prestasi.
Copyrights © 2018