Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018. Kata kunci: Syndicate Group, Buzz Group, Pemahaman Konsep
Copyrights © 2019