EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 38, No 1 (2019): EKUIVALEN

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA SMP

Naviana, Sarah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nugraheni, Puji (Unknown)
Darmono, Prasetyo Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik melalui pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 33 Purworejo berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Peningkatan berpikir kreatif diperoleh dari data hasil observasi dan tes. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aspek fluency adalah 16,4%, siswa mampu menghasilkan banyak ide/gagasan dalam pemecahan masalah. Peningkatan aspek flexibility adalah 39,85%, siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara. Peningkatan aspek originality adalah 23,05%, siswa mampu menyelesaikan permasalahannya dengan langkah-langkahnya sendiri. Peningkatan aspek elaboration adalah 6,25%, siswa mampu menyelesaikan permasalahan secara rinci.Kata kunci:  kemampuan berpikir kreatif, pendekatan konstruktivisme

Copyrights © 2019