EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 39, No 1 (2019): EKUIVALEN

HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Pradana, Danindra Bagas (Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia)
Budiyono, Budiyono (Unknown)
Maryam, Isnaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Abstrak  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan: (1) minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; (3) minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Sampel dalam penelitian ini 82 siswa dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Instrumen penelitian menggunakan ang­­­ket dan tes. Sedangkan teknik pengolahan data meng­gunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; (3) minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci:  minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar matematika

Copyrights © 2019