Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KPK DAN FPB SISWA KELAS VI SD INPRES PETOBO

Mari Yanti Rahman (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Akina Akina (Unknown)
Abd. Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Mariyati. 2015. Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk   Meningkatkan Hasil Belajar KPK dan FPB Siswa Kelas VI SD Inpres Petobo. Skripsi Jurusan Imu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan, Universitas  Tadulako,  Pembimbing: (I). Drs. Abd Hamid, M.Pd. (II). Dra. Hj. Akina, M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB masih rendah.Hal ini karena siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kondisi pembelajaran yang demikian,memerlukan  perubahan  pendekatan pembelajaran Matematika yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktifitas  dan hasil belajar siswa kearah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan KPK dan FPB, di SD Inpres Petobo”? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pemecahan masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan KPK dan FPB mata pelajaran Matematika di SD Inpres Petobo. Dari penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus: menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 61,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,17%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 66,38% dengan kriteria tinggi,dan nilai perfomansi guru 76,16 (B). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 67,32 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,24%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 76,85% dengan kriteria sangat tinggi,dan nilai perfomansi guru 95,35 (A). Hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil yang diperoleh,dapat diambil kesimpulan bahwa  penerapan pendekatan pemecahan masalah matematika terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar KPK dan FPB siswa kelas VI SD Inpres Petobo.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...