Jurnal Dikdas
Vol 1, No 1 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 9 MAMBORO PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI

Wahdania Wahdania (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Lestari MP. Alibasyah (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
I Wayan Darmadi (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
22 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Mamboro pada mata pelajaran IPA  melalui metode demonstrasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajatan IPA dengan nilai rata-rata yaitu 6,0. Penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Materi yang diajarkan mengenai Gaya dengan melibatkan objek penelitian sebanyak 17 siswa. 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar. Pada siklus I, yakni siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 17 siswa atau presentase ketuntasan klasikal sebesar 58,82 % serta aktiviatas siswa dan guru dalam kategori baik. Pada siklus II  siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dari 17 siswa dan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94,11 %, serta aktivitas siswa dan guru dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Mamboro pada Mata Pelajaran IPA.Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demostrasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...