Berdasarkan permasalahan yang didapatkan oleh peneliti, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Agama Madrasah Aliyah Darul Dakwah wal Irsyad Palu pada pembelajaran PKn melalui model Contekstual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, tediri 2 siklus. Rangcangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang Hubungan Internasional dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 13 siswa kelas XI Agama Madrasah Aliyah Darul Dakwah wal Irsyad Palu. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Diawali pada tes awal penelitian menunjukkan hasil yang belum memuaskan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 dari 13 siswa serta hasil presentase ketuntasan klasikal sebesar 15.38%  dan presentase daya serap klasikal sebesar 55.76% sehingga hasil belajar siswa masih dalam katagori kurang baik. Setelah diterapkan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I menunjukkan hasil belajar siswa mulai meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 dari 13 siswa serta hasil presentase ketuntasan klasikal 53.84% dan daya serap klasikal 76.15% sehingga aktivitas siswa telah masuk dalam katagori baik. Pada siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 dari 13 siswa serta hasil ketuntasan klasikal 84.61% dan daya serap klasikal sebesar 83.56% sehingga aktivitas siswa telah berada dalam katagori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contekstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI Agama Madrasah Aliyah  Darul Dakwah wal Irsyad Palu pada pembelajaran PKn.   Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013