Buletin Udayana Mengabdi
Vol 16 No 2 (2017)

PEMBERIAN KEGIATAN MINDFULNESS PADA ANAK PANTI ASUHAN

P.N. Widiasavitri (Unknown)
M.D. Lestari (Unknown)
L.M.K.S. Suarya (Unknown)
I.M. Rustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Mindfulness adalah kesadaran yang muncul saat kita memberi perhatian pada tujuan, saat ini, dan tanpa menghakimi pengalaman yang terjadi saat ini, kejadian demi kejadian. Manfaat mindfulness pada anak-anak adalah dapat meningkatkan konsentrasi, menurunkan tingkat kecemasan dan menurunkan tingkat stres anak. Tujuan memberikan kegiatan mindfulness pada program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi. Kegiatan mindfulness ini diberikan selama 4 minggu. Minggu pertama, kegiatan mindfulness dilakukan dengan menikmati beng-beng. Minggu kedua kegiatan mindfulness dilakukan dengan mewarnai yang mindful. Kegiatan minggu ketiga adalah body scanning dan kegiatan minggu keempat adalah bernafaslah. Pembekalan program dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2016. Pembekalan diberikan kepada semua anggota panti asuhan, namun treatment mindfulness selama empat minggu diberikan kepada 5 orang. Pre test dan post test dilakukan dengan memberikan subtest deret angka Weschler Intelligence Sclae for Children (WISC). Hasil yang diperoleh setelah pemberian kegiatan mindfulness adalah terjadi peningkatan skor pada subtes deret angka pada post test, yang berarti dapat dikatakan ada peningkatan daya konsentrasi pada anak-anak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jum

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Udayana Mengabdi (JUM) diterbitkan sebagai media komunikasi, informasi, edukasi dan pembahasan masalah-masalah pembangunan, utamanya hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat dan hasil-hasil penelitian dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk ...