Ilmu Pendidikan
Vol 24, No 1 (1997)

Pengembangan Model Pembelajaran IPS yang Menggunakan Masyarakat sebagai Sumber Belajar

Dedi Kuswandi (IKIP Malang)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hal-hal yang mendasari upaya guru dalam mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran IPS yang menggunakan masyarakat sebagai sumber belajar. Dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan terhadap subjek penelitian yang berjumlah dua orang guru SD Kelas V di wilayah Dayeuhkolot Bandung. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IPS yang menggunakan masyarakat sebagai sumber belajar dapat menjadi aset penting dalam membina murid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penguasaan bahan, pemberian pengalaman langsung dan nyata, melatih dasar-dasar kegiatan ilmiah sederhana, serta mengembangkan aspek nilai, sikap dan moral yang dibutuhkan untuk membina kepribadian siswa.

Copyrights © 1997