PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2018: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI

PRAKARYA LISTRIK ENERGI MATAHARI UNTUK SISWA SMP

Yus Mochamad Cholily (Unknown)
Ahsanul Inam (Unknown)
Siti Inganah (Unknown)
Moh Mahfud Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Cadangan sumber energi bersumber fosil semakin menipis karena pemakaian terus meningkat. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai potensi energi berbahan dasar non fosil sangat banyak. Sumber daya alam yang subur dan terletak di katulistiwa merupakan potensi sumber energi yang sangat baik, terutama energi matahari. Namun hal ini masih belum termanfaatkan secara baik. Hal ini dikarenakan belum menjadi habit dalam konteks kehidupan masyarakat. Pengetahuan energi terbarukan (khusunya energi matahari) perlu dberikan ke siswa mulai dari SMP. Untuk melakukan ini perlu memasukkan konten energi terbarukan ke dalam kurikulum sekolahtersebut. Secara spesifik perlu diajarkan energi matahari dalam mata ajar Prakarya. Melalui pembelajaran ini bisa ditumbuhkan attitude siswa supaya kompetensi affektif, kognitif serta psikomotorik anak tentang energi terbarukan khusunya energi matahari tumbuh sejak dini. Kata kunci. Energi terbarukan, kurikulum, prakarya

Copyrights © 2018