Terdapat penurunan kinerja tenaga penjualan yang menyebabkan share dana yang dihimpun PT.  Bank  Mandiri  (Persero)  se-Kanwil  Jateng pada  3 (tiga)  triwulan  di tahun  2002  turun. Penelitian   ini  mengajukan  model penelitian  untuk  menguji  pengaruh  perilaku  pemimpin terhadap ketidakjelasan peran, kepercayaan pada pemimpin, dan  kepuasan pekerjaan. Kemudian  pengaruh  ketidakjelasan  peran,  kepercayaan  pada  pemimpin,  dan  kepuasan pekerjaan  terhadap  kinerja  tenaga penjualan.  Penelitian  ini menggunakan  data yang didapat dari populasi (sensus methode) sejumlah 220 orang tenaga penjualan di Bank Mandiri di Jawa Tengah. Alat analisis data yang digunakan  adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS  4.01. Hasil analisis  data menunjukkan bahwa model penelitian  mempunyai kesesuaianlfit yang baik dan semua  hipotesis penelitian  dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil  adalah perilaku kepemimpinan berpengaruh negatif terhadap ketidakjelasan peran, perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemimpin, perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan pekerjaan.  Kemudian  ketidakjelasan peran berpengaruh negatif terhadap kinerja tenaga penjua/an,  kepercayaan pada pemimpin berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga penjualan,  dan kepuasan pekerjaan berpengaruh positif terhadap ldnerja tenaga penjualan.Â
Copyrights © 2008