Distributor  merupakan  salah  satu  kekuatan utama dari prinsipal  untuk  dapat mendistribusikan  produk dengan merata. Distributor sebagai alat distribusi  konvensional seringkali  harus  berhadapan  dengan saluran distribusi moderen yang lebih  bagus  kinerjanya; Hal  ini  tentunya mempertanyakan  kinerja  dari distributor itu sendiri. Penelitian  ini bertujuan untuk  melihat pengaruh  efektivitas  dan  efisiensi  distributor   terhadap kinerja  pemasaran distributor.  Efekilvitas  distributor  sendiri  dipengaruhi  oleh  pendekatan sosial  budaya  oleh distributor, pengaturan  wilayah,  dan pengaturan  tenaga  penjual. Distributor  yang  dipilih adalah yang berbentuk  grosir/wholesaler,   pada  industri  consumer  goods yang  berada  di Surabaya.  Hasil penelitian yang diperoleh yaitu  bahwa semakin  baik pendekatan sosial budaya dari distributor,  pengaturan wilayah dan pengaturan  tenaga penjual yang dilakukan distributor maka  efektivitas  distributor akan semakin tinggi. Hasil yang lain yang diperoleh adalah bahwa dengan  semakin  baiknya  efisiensi  distributor  maka kinerja pemasaran distributor juga  akan semakin baik.
Copyrights © 2003