JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan
Vol 3, No 1 (2019)

KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Dumiyati, Dumiyati (Unknown)
Wardhono, Agus (Unknown)
Nurfalah, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa praktis dan efektif model pembelajaran English For Specific Purpose (ESP) berbasis ICT dalam meningkatkan  kemandirian belajar mahasiswa. Penerapan model pembelajaran dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi pendidikan Bahasa Inggris Unirow Tuban. Pengumpulan data menggunakan instrumen  pengamatan, kuesioner, dan tes. Pelaksanaan analisis data mempergunakan statistik deskriptif untuk uji kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis data menunjukan keterlaksanaan model tergolong tinggi (praktis). Keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis ICT terlihat pada 5 aspek yaitu pengelolaan pembelajaran, aktivitas belajar dan kemandirian belajar mahasiswa tergolong tinggi; ketuntasan belajar individual dan klasikal tercapai, mahasiswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis ICT.Kata Kunci: Kepraktisan, keefektifan, e-learning, ICT.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpeka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Since 2017 published twice a year by Open Journal System to accommodate various research offers original articles on teaching economics. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan is a peer-reviewed journal that is managed by ...