Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Vol 5, No 2 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 SUKASADA TAHUN AJARAN 2017/2018

., Andi Suandika I Wayan (Unknown)
., Drs. I Putu Panca Adi, M.Pd. (Unknown)
., Ni Putu Dwi Sucita Dartini, S.Pd., M.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 163 orang yang terdiri dari lima kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VII B sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan untuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah p=0,001 (p0,05 dan kelompok Kontrol sig 0,200>0,05 dengan demikian semua sebaran data berdistribusi normal. Demikian disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran materi passing bola voli karena terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Kooperatif, NHT, hasil belajar, teknik dasar passing bola voli. This study aimed for investigating the effect of cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) on Volleyball passing learning result. This study used true experimental design by using randomized pretest posttest control group the same subject design. The population of this study was all 7th grade students in SMP Negeri 4 Sukasada year 2017/2018 with 163 students classified into 5 classes. The sampling of this study was simple random sampling with VII B class which consisted of 32 students as the chosen experimental group and VII D which also consisted of 32 students as the chosen control group. The data were collected by using objective test, observation and worksheet. The data were analyzed by using Independent Sample Test in SPSS 16.0 for Windows. Based on the analysis of independent samples t-test, the value of significance was 0.01 (p0.05 for the experimental group and 0.200>0.05 for the control group. It could be assumed that all the data was scattered normally. As the suggestion, the teacher of penjasorkes can apply the cooperative learning model type NHT on volleyball passing because it has a significant effect on students’ learning result.keyword : cooperative, NHT, learning result, volleyball passing basic technique

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...