Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi pencernaan pada kelas 8. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentasi jenis kesulitan belajar tertinggi masuk pada teori Learning Disfunction dan Learning Disabilities sebesar 53,33% atau sebanyak 16 orang Faktor penyebab kesulitan belajar berasal dari faktor intern berupa kurangnya minat, kesiapan dan perhatian siswa terhadap belajar dan faktor ekstern berasal dari lingkungan keluarga, yaitu kurangnya motivasi dan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, faktor eksternal lainnya berasal dari lingkungan sekolah berupa cara mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jenis kesulitan belajar siswa masuk pada teori Learning Disfunction dan Learning Disabilities dan faktor penyebabnya berasal dari diri siswa sendiri (intern) dan lingkungan sekitar (ekstern).
Copyrights © 2018