Penbios: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains
Vol 2 No 02 (2017): PENBIOS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 2, No. 2, November 2017 p.ISS

Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas VIII MTs NW Lenek 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Nurul Hidayah (Unknown)
Nurmiati . (Unknown)
Siti Arfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi pencernaan pada kelas 8. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentasi jenis kesulitan belajar tertinggi masuk pada teori Learning Disfunction dan Learning Disabilities sebesar 53,33% atau sebanyak 16 orang Faktor penyebab kesulitan belajar berasal dari faktor intern berupa kurangnya minat, kesiapan dan perhatian siswa terhadap belajar dan faktor ekstern berasal dari lingkungan keluarga, yaitu kurangnya motivasi dan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, faktor eksternal lainnya berasal dari lingkungan sekolah berupa cara mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jenis kesulitan belajar siswa masuk pada teori Learning Disfunction dan Learning Disabilities dan faktor penyebabnya berasal dari diri siswa sendiri (intern) dan lingkungan sekitar (ekstern).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bios

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (PENBIOS) is a journal which is managed by the Biology Education Study Program at the University Nadhlatul Wathan (UNW) Mataram receiving and publishing article in the form of research (scientific ...