Jurnal Ilmiah Islamic Resources
Vol 16, No 2 (2019): Desember

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Rosmiati Rosmiati (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Tujuan pelaksanaan program Pkmd  bagi Masyarakat ini adalah: (a) Membentuk kelompok-kelompok kerja guru (KKG), (b) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam  dengan pendekatan IPTEK terapan, (c) melatih pembuatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan IPTEK terapan, (d) melatih dan mendampingi guru bagaimana  cara  penggunaan  media  pembelajaran  dalam  pembelajaran  Pendidikan Agama Islam  di  kelas.  Metode pelaksanaan kegiatan menggadopsi pola pelaksanaan penelitian tindakan meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan programpembelajaran , pelaksanaan program pembelajaran , observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan program adalah (a) terbentuk 2 kelompok kerja guru dengan masing-masing anggota sebanyak 6 orang dengan menbentuk kelompok sampai 2 kelompok kerja  guru  yang dibentuk berdasarkan rumpun ilmu; (b) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan IPTEK terapan, dari kategori “cukup” menjadi “baik”; (c) dihasilkan sebanyak 2 set media (alat peraga) Pendidikan Agama Islam untuk siswa Madrasah Tsanawiah DDI Padanglampe Marrang Kabupaten Pangkep  , meliputi materi:  Udhu , Shalat, dengan kualitas ‘baik’. (d) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas berkualitas “baik”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

islamicresources

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Islamic Resources, published by Universitas Muslim Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of law, philosophy, mysticism, history, art, theology, and many more. The journal invites scholars and researchers outside the Institute to ...