Abstract: This developmental research
aims at developing an inductive learning model to improve studentsability to
appreciate poems. The data are the results of student learning and the
observation results on teachers activities during the teaching-learning process
which are then  analysed
descriptively.The results show that learning through inductive model by
referring to the 8 learning steps could make students appreciate poems better.
This can be seen in the average results of evaluation and observation. In the
first treatment the average of the evaluation result is 60.9, the second is
62.4 and the third is 65.3. Whereas the result of the observation in the first
treatment is poor to fair, the second is fair to good and the last is good
to very good.
 
Abstrak; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model
pembelajaran guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi.
Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dan data
hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran
berlangsung dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran melalui model induktif yang memperhatikan delapan langkah
pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi
puisi. Peningkatan itu secara numerik dapat dilihat dari rata-rata hasil
evaluasi dan rata-rata hasil observasi dalam setiap pemberlakuan yang
menunjukkan  peningkatan. Pada
pemberlakuan I rata-rata hasil evaluasi menunjukkan angka 60,9, pada pemberlakuan
II menunjukkan angka 62,4, dan pada pemberlakuan III menunjukkan angka 65,3,
sedangkan rata-rata hasil observasi pada pemberlakuan I dari kreteria kurang
berangsur-angsur menjadi cukup, pada pemberlakuan II dari kreteria cukup
berangsur-angsur menjadi baik dan  pada
pemberlakuan III dari kreteria baik berangsur-angsur menjadi sangat baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012