Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 10, No 1 (2009)

KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH

Balinda Ahaddini, (Unknown)
Retno Tri Hariastuti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2009

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok behavioral dalam meningkatkan disiplin belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini 6 orang siswa kelas X-3 SMA Negeri Kesamben Jombang dengan skor disiplin belajar yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametik dengan uji tanda (sign test). Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor disiplin belajar di rumah antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan menggunakan taraf kesalahan 5% diketahui harga  ñ = 0,016, sehingga hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok behavioral merupakan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa meningkatkan disiplin belajar di rumah.

Copyrights © 2009