Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 10, No 2 (2009)

MENGURANGI PERSEPSI NEGATIF SISWA TENTANG KONSELOR SEKOLAH DENGAN STRATEGI PENGUBAHAN POLA PIKIR COGNITIVE RESTRUCTURING)

Ika Kusuma Wardani, (Unknown)
Retno Tri Hariastuti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2009

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan menguji keefektifan strategi pengubahan pola pikir (cognitive restructuring) untuk mengurangi persepsi negatif siswa terhadap konselor sekolah. Data tentang tingkat persepsi negatif siswa terhadap konselor sekolah diperoleh melalui angket yang disusun sendiri. Penelitian pre-eksperiment ini dirancang menggunakan pretest post-test one group design. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa yang mempunyai persepsi negatif terhadap konselor sekolah kategori tinggi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji tanda (sign test). Hasil analisis data diperoleh jumlah tanda positif = 0 dan jumlah tanda negatif = 5. Dari tabel binomial untuk N = 5 dan X = 0 diperoleh ñ = 0, 031. Dengan taraf signifikasi 5%, ternyata harga ñ ( 0, 031) lebih kecil dari á  (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian strategi pengubahan pola pikir dalam mengurangi persepsi negatif siswa terhadap konselor sekolah.

Copyrights © 2009