Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 11, No 1 (2010)

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERMAIN VIDEO GAMES

Cari Wijayanti, (Unknown)
Muhari, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2010

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling kelompok dengan strategi self management untuk mengurangi kebiasaan bermain video games siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan jenis pre-test dan post-test one group design, sedangkan subjek penelitiannya adalah 6 siswa yang memiliki tingkat kebiasaan bermain video games tinggi di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Ngadirojo-Pacitan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki kebiasaan  bermain video games tinggi adalah dari angket yang dikembangkan sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa nomor urut yang bertanda negatif sejumlah 6 sedangkan yang bertanda positif sejumlah 0, sehingga terdapat perbedaan skor antara pre-test dan post-test. Berdasarkan tabel probabilitas binomial untuk ƒÏ=0,5, N=6, r=0 diketahui ptabel=0,016 dengan ƒ¿=0,05. Sehingga diperoleh ƒ¿ > peluang sampel yaitu (0,05>0,016) berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka disimpulkan bahwa ada penurunan kebiasaan bermain video games antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok dengan strategi self-management pada siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Ngadirojo-Pacitan. Rata-rata penurunan frekuensi bermain video games siswa setelah penerapam konseling kelompok dengan strategi self-management selama 3 minggu adalah 5~ bermain dengan rata-rata penurunan durasi bermainnya 1 jam per permainan.

Copyrights © 2010