Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 11, No 2 (2010)

PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Lailatul Mufidah, (Unknown)
Mochamad Nursalim, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan pre eksperimental berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan pilihan jawaban checklist yang digunakan untuk mengetahui skor minat belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Sidoarjo yang memiliki kategori rendah pada skor minat belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-bertanda Wilcoxon. Data perhitungan diperoleh T hitung = 0, sedangkan Ttabel untuk N=10 dan taraf signifikansi 5% sebesar 8. Maka, Thitung lebih kecil dari Ttabel. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika” dapat diterima.

Copyrights © 2010