Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 1 (2011)

Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain untuk Membantu Mengurangi Tingkat Kecemasan dalam Mengikuti Mata Pelajaran Eksakta

Reni Efrylia Ningtyas, (Unknown)
Tamsil Muis, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2011

Abstract

  Penelitian ini bertujuan menguji penggunaan bermain sebagai teknik bimbingan kelompok untuk menurunkan kecemasan mengikuti mata pelajaran eksakta pada siswa kelas unggulan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment design berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikuti mata pelajaran eksakta. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII-A dan VIII-A  di SMP Negeri 1 Rengel-Tuban yang memiliki kecemasan mengikuti mata pelajaran eksakta kategori tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic non parametric dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test). Dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon menunjukkan nilai hitung T=0. Bila taraf kesalahan sebesar 5% dan N=12 maka diperoleh nilai T tabel=14, sehingga dapat ditarik kesimpulan T hitung<T tabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “tingkat kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikuti mata pelajaran eksakta menurun setelah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik bermain.” Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik bermain dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikut mata pelajaran eksakta Penelitian ini bertujuan menguji penggunaan bermain sebagai teknik bimbingan kelompok untuk menurunkan kecemasan mengikuti mata pelajaran eksakta pada siswa kelas unggulan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment design berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikuti mata pelajaran eksakta. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII-A dan VIII-A  di SMP Negeri 1 Rengel-Tuban yang memiliki kecemasan mengikuti mata pelajaran eksakta kategori tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic non parametric dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test). Dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon menunjukkan nilai hitung T=0. Bila taraf kesalahan sebesar 5% dan N=12 maka diperoleh nilai T tabel=14, sehingga dapat ditarik kesimpulan T hitung<T tabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “tingkat kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikuti mata pelajaran eksakta menurun setelah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik bermain.” Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik bermain dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas unggulan dalam mengikut mata pelajaran eksakta

Copyrights © 2011