Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 1 (2011)

Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Tenik Bermain Untuk Menangani Siswa yang Terisolasi

Siti Nur Zahriyah, (Unknown)
Retno Tri Hariastuti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2011

Abstract

Selain melakukan kegiatan belajar, siswa di sekolah juga berinteraksisosial. Ada siswa yang populer dalam kelompok atau kelasnya, namun ada pula yang terisolasi. Siswa-siswa yang terisolasi inilah yang membutuhkan bantuan agar dapat berinteraksi sosial lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan bimbingan kelompok dengan teknik bermain untuk menangani siswa yang terisolasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan Madura Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen, bentuk pre-test dan post-test dalam satu kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan Madura yang mengalami terisolasi. Subjek tersebut sebanyak 8 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket sosiometri. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji tanda (sign test). Dari hasil analisis data diketahui N = 8 dan X = 0, yang menunjukkan bahwa dari 8 subyek penelitian, yakni siswa-siswa yang terisolasi, yang semula tidak dipilih sama sekali oleh teman-temannya ternyata setelah diberi layanan bantuan melalui bimbingan kelompok dengan teknik bermain, akhirnya dipilih juga oleh teman-temannya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Bimbingan kelompok dengan teknik bermain dapat diterapkan untuk menangani siswa yang terisolasi.

Copyrights © 2011